Sabtu, 13 April 2013

Super Komputer tercepat di dunia


 Tahukah anda saat ini ada super komputer yang mampu melakukan perhitungan hingga 16 ribu triliun kalkulasi per detik. Coba jika kita bandingkan dengan komputer milik kita di rumah, sungguh sangat berbeda jauh bukan.
Sebuah perusahaan komputer pertama di dunia, IBM, telah membuat Super Komputer dengan nama Sequoia. Super komputer Sequoia diresmikan sebagai super komputer tercepat di dunia oleh situs Top 500. Sequoia menempati urutan pertama dari semua daftar Super Komputer yang dibuat situs tersebut.
Sebelumnya, gelar super komputer tercepat dipegang oleh komputer asal Jepang, K Computer yang dibuat oleh Fujitsu.
Super komputer Sequoia didesain dan dibangun oleh IBM. Komputer ini berada di Lawrence Livermore National laboratory (LNLL) dan digunakan oleh Departemen Energi Amerika Serikat.
Super komputer Sequoia digunakan oleh pemerintah AS untuk melakukan simulasi uji coba senjata nuklir sebagai pengganti uji coba senjata nuklir di dunia nyata.
Sequoia memiliki kinerja yang sangat tinggi, dengan kecepatan processing hingga 16,32 petaflop/s atau sekitar 16 ribu triliun kalkulasi per detik. Mengalahkan kecepatan processing yang di hasilkan K Computer yaitu 6 petaflop/s atau 6 ribu triliun kalkulasi per detik. Dari segi konsumsi daya, Sequoia memiiki kebutuhan konsumsi daya lebih sedikit dibanding K Computer. Sequoia membutuhkan daya hanya 7,09 megawatt, sedang K Computer mebutuhkan daya hingga 12,66 megawatt.
Sebenarnya Sequoia mampu mencapai kenerja hingga lebih dari 20 petaflop/s, namun hal ini tidak dilakukan dengan alasan efisiensi daya.
Super komputer tercepat di dunia dari IBM ini menggunakan prosesor IBM Power QBC 16 core dengan kecepatan 1,6 GHz sebanyak 98.304 prosesor dengan jumlah total core-nya mencapai 1,6 juta core. Super komputer Sequoia ini memakai sistem operasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL) di setiap node komputernya.
Super komputer IBM sequoia dilakukan tes uji ketahanan dengan menjalankan software Linpack selama 23 jam tanpa gagal 1 core pun dengan efisiensi hingga 81 %.
Menurut data yang dimiliki Top 500 dan dilansir Mashable, AS memiliki 253 super komputer. Hal ini membuatnya sebagai mayoritas super komputer terbanyak di dunia. Sementara di negara-negara Asia ada 121 unit, dan di Eropa ada 107 super komputer.
Dari daftar super komputer yang ada di situs Top 500, 213 super komputer adalah milik IBM. Kemudian disusul oleh Hewlett-Packard (HP) yang memiliki 138 super komputer.
Mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan ada super komputer yang lebih canggih lagi, karena teknologi akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia yang lebih besar dengan penggunaan yang lebih mudah dan lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar